3P Pariwisata untuk Pemberdayaan Perempuan

Book Cover: 3P Pariwisata untuk Pemberdayaan Perempuan

Penulis                : Argyo Demartoto

Penerbit              : Azyan

ISBN                    : 978-602-5552-25-0

Panjang Buku    : 25 cm

Deskripsi

Kata kunci yang paling tepat untuk menjelaskan keterkaitan antara gender dengan pariwisata adalah kesejahteraan. Kesejahteraan menjadi terminology yang paling sering dibahas ketika kita menguak dinamika pariwisata dalam konteks kesetaraan gender dan dalam berbagai segi menjadi pokok kajian akademik untuk mencari keterkaitan antara gender dengan pariwisata.

Diskursus mengenai perkembangan dunia pariwisata saat ini tidak terlepas dari dinamika kesetaraan gender. Penjelasan-penjelasan mengenai perkembangan pariwisata di setiap Obyek dan Daya Tarik Wisata (OTDW) menjadi satu upaya merespons perkembangan pariwisata yang banyak mempengaruhi segi kehidupan baik itu ekonomi, sosial, budaya, politik, keamanan, lingkungan, kepentingan nasional, kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia serta persoalan yang menyangkut nilai-nilai universal seperti hak asasi manusia.

Gender dalam ranah pariwisata menjadi isu yang sangat penting dalam diskusi dan pembicaraan para pemimpin dunia, aktifis perempuan dan akademis. Titik tolak seperti inilah yang pada gilirannya mendorong negara sebagai institusi yang memiliki ODTW sevara resmi mulai memikirkan bagaimana mengantisipasi berbagai tantangan perkembangan pariwisata internasional.

Argyo Demartoto sebagai seorang sosiolog berusaha membahasnya dalam buku ini dengan berbagai kritiknya terhadap teori-teori tentang pembangunan pariwisata dan gender, untuk kemudian menjawab mengapa perempuan perlu diberdayakan agar Berjaya dalam ranah pariwisata.

 

All Rights Reserved Theme by 404 THEME.