LENTIK-LENTIK MATA PENA: Nalar Politik dan Argumentasi Media

Book Cover: LENTIK-LENTIK MATA PENA: Nalar Politik dan Argumentasi Media

Buku Lentik-Lentik Mata Pena : Nalar Politik dan Argumentasi Media
Buku yang yang berjudul LENTIK-LENTIK MATA PENA: Nalar Politik dan Argumentasi Media ini membahas isu-isu seputar diskursus politik dan media (jurnalisme dan media baru). Buku ini merupakan kompilasi (bunga rampai) dari artikel-artikel opini/ gagasan pribadi penulis Sri Herwindya Baskara Wijaya yang juga Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, yang terbit di media massa (koran/majalah) terutama saat penulis masih aktif sebagai wartawan di Harian SOLOPOS-Bisnis Indonesia Group (2003-2008). Sebagian artikel lain adalah tulisan penulis di jurnal, proseding, makalah serta tulisan pribadi berkenaan dengan sejumlah isu menarik di masyarakat seputar diskursus politik dan media (pers, internet, media sosial). Dua topik ini, politik dan media sebagai topik yang selalu dinamis, senantiasa hangat dan tidak lekang dimakan perguliran zaman.
Menurut Herwin biasa disapa, Politik dan media adalah tema dalam kehidupan yang selalu dinamis, hangat dan tidak lekang dimakan perguliran zaman. Disamping itu politik dan media juga berhubungan erat dengan kepentingan public secara luas baik melalui konstruksi opini public maupun seni meraih massa atau khalayak yang menyasar kepentingan trilogy orientasi yaitu meraih kekuasaan, mengelola kekuasaan maupun mempertahankan kekuasaan.
Herwin juga menyampaikan bahwa diposisi tertentu terkadang politik dan dan media saling menegaskan, politik diibaratkan sebagai upaya dalam memburu kekuasaan (power orientation) sedangkan media sebagai anjing penjaga (watch dog) walaupun di waktu tertentu keduanya juga saling bersepakat terutama saat menyangkut kepentingan banyak orang.
Buku LENTIK-LENTIK MATA PENA: Nalar Politik dan Argumentasi Media terdiri dari 342 halaman (xxviii + 314 hal), dengan ukuran 17 cm x 25 cm merupakan Cetakan Pertama, tahun 2021 dengan ISBN: 978-623-6034-18-7 diterbitkan oleh Buku Litera Yogyakarta.
Informasi singkat penulis, Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos, M.Si, Staf Pengajar di Prodi S1 Ilmu Komunikasi FISIP dan Prodi D3 Komunikasi Terapan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS). Beliau menyelesaikan studi Sarjana di S1 Jurusan Komunikasi Massa UNS dan studi Magister di PPs S2 Ilmu Komunikasi UNS serta memiliki minat pada kajian sejarah, agama, jurnalisme dan media baru.

All Rights Reserved Theme by 404 THEME.