Seri Literasi Media: Dari Hoax hingga Hacking

Book Cover: Seri Literasi Media: Dari Hoax hingga Hacking

Pengarang         : Sri Herwindya Baskara Wijaya

Penerbit             : Buku Litera

ISBN                   : 978-602-5681-61-5

Panjang Buku   : 24cm

Deskripsi

Tekonologi bernama internet dengan ‘anak kandungnya’ yang paling fenomenal, media sosial, menyimpan kekaguman tersendiri sekaligus mengundang kepribadian bersama. Menyimpan aurora kekaguman mengingat teknologi ini melaju berkembang sedemikian cepat hingga manusia dibuat kelabakan mengerjarnya. Mengundang elegi keprihatinan lantaran efek negative yang ditimbulkan teknologi ini kepada masyarakat luas terutama akibat adanya rendahnya tingkat literasi media di kalangan penggunanya (netizen)

Meminjam pandangan Idy Subandi Ibrahim (2011), bahwa budaya teknologi modern (seperti juga internet dan media sosial), diilhami oleh keyakinan kuat dalam kemajuan moral sejarah. Dalam tulisan-tulisan para pemikir seperti Joachim di Fiori, Lessing, Hegel, Comte, dan para pengarang revolusi informasi kontemporer (Toffler, Negroponte, Gates, Sloka), sejarah dipandang dalam tahap-tahap progresif melalui pencerahan, dan rasionalitas dan terutama melalui sains dan teknologi, kemajuan manusia bergerak kearah harmoni dan damai.

Mitos kemajuan moral dalam modernitas ini bagaimanapun telah dibongkar dan dijungkirbalikkan setelah kasus Auschwitz (Holocaust Nazi-Jerman, 1940-1944) dan Hiroshima-Nagasaki (Bom Atom Amerika Serikat di Jepang, 1945). Demikian pula dengan fenomena hoax, hate speech, bullying hingga black hacking adalah negative paradox dari praksis sains dan teknologi bernama internet dan media sosial. Buku ini dimaksudkan sebagai bagian dari Gerakan literasi media secara global dalam rangka merespons secara bijak atas fenomena disrupsi informasi di belantika mayantara. Selamat membaca.

All Rights Reserved Theme by 404 THEME.